Tips Perawatan Burung Jalak Suren Agar Siap Di Lombakan

Advertisement
Cara Merawat Burung Jalak Suren Sebelum Di Ikutkan LombaBurung jalak suren atau burung jalak uret memiliki kicauan yang khas dan menarik. Sehingga banyak orang yang memelihara burung ini untuk di nikmati kicauannya. Bahkan, tidak sedikit komunitas - komunitas yang mengadakan lomba kicau khusus burung jalak suren untuk menentukan burung mana yang memiliki kicauan paling bagus.

Kicauan jalak suren memang bisa di latih agar semakin bagus. Bahkan, jalak suren yang sudah master atau sering menjuarai perlombaan, bisa di jual dengan harga yang jauh lebih mahal daripada jalak suren pada umumnya. Selain itu, banyak kolektor - kolektor yang mencari burung jalak suren masteran atau yang sudah mahir dalam berkicau.

Untuk menjadi juara dalam lomba jalak suren, tentunya tidak mudah karena terdapat banyak saingan yang juga mendambakan predikat juara. Oleh karena itu, di butuhkan perawatan khusus bagi burung jalak suren agar siap di lombakan. Baik perawatan kesehatan, kebersihan, hingga keterampilan memiliki keterkaitan satu sama lain. Nah, untuk kalian yang ingin memiliki burung jalak suren yang siap di lombakan, berikut ini adalah beberapa cara merawat burung yang kalian pelihara agar siap mengikuti lomba.

Tips Perawatan Burung Jalak Suren Agar Siap Di Lombakan

http://kicaumaster89.blogspot.com/

  • Rutin Memandikan Jalak Suren
Dengan rutin memandikan jalak suren atau burung jalak uret, kebersihan bulu - bulu dan tubuhnya akan semakin terawat. Sehingga ia merasa nyaman dan lebih rajin berkicau. 
Untuk memandikannya, kalian bisa menyemprotkan air dengan menggunakan sprayer atau semprotan seperti pada umumnya. Agar lebih bersih, kalian dapat mencampurkan air dengan shampo. Namun, pemakaian shampo tidak boleh terlalu banyak karena dapat membuat bulu - bulunya terlalu licin.

  • Menjemur Jalak Suren Di Bawah Sinar Matahari
Setelah mandi, usahakan untuk menjemur jalak suren di bawah sinar matahari agar proses pengeringan lebih cepat. Sebaiknya penjemuran di lakukan di bawah jam 9 dan di lakukan kurang lebih selama 1 jam. Hal ini dikarenakan matahari di pagi hari lebih sehat di bandingkan matahari pada siang hari.

  • Pembersihan Sangkar
Membersihkan sangkar burung secara rutin juga perlu di lakukan agar jalak suren merasa nyaman selama berada di kandangnya. Bila kalian jarang membersihkan sangkar burung, akan muncul kutu dan kuman - kuman yang membawa penyakit baik kepada jalak suren yang kalian pelihara, maupun kepada kalian sebagai pemiliknya. 
Pembersihan sangkar sebaiknya di lakukan minimal 2 kali dalam seminggu. Pastikan untuk membersihkan sisa - sisa kotoran yang menempel pada pinggiran kandang jalak suren. Selain itu, pastikan untuk membersihkan botol yang kalian gunakan untuk memandikan burung.

  • Pemasteran

Untuk tahap pemasteran, kalian bisa membiarkan jalak suren yang kalian pelihara mendengar suara - suara kicauan burung lain. Lama kelamaan, jalak suren yang kalian pelihara akan mencoba menirukan suara - suara yang ia dengar setiap hari.
Jika kalian ingin membuat kicauan jalak suren lebih terarah, kalian bisa memutarkan suara kicauan burung melalui smartphone atau Mp3 di dekat burung. Dengan begitu, jalak suren akan mendengar suara kicauan yang kalian putar dan lama kelamaan ia akan mencoba menirunya.

Kalian bisa menerapkan cara di atas untuk merawat burung jalak uret yang akan kalian ikut lombakan. Nah demikian sedikit tentang tips perawatan burung jalak suren agar siap di lombakan. Semoga cara di atas dapat membantu, terimakasih telah berkunjung di blog saya, mohon di maafkan bila ada salah kata. Akhir kata salam kicaumaster.
Advertisement
Tips Perawatan Burung Jalak Suren Agar Siap Di Lombakan | Arya martian | 5

0 Obrolan seru!:

Post a Comment