Tips Cara Beternak Burung Jalak Suren Untuk Pemula

Advertisement
Cara Membudidayakan Burung Jalak Suren Bagi Pemula Burung jalak suren atau biasa juga disebut burung jalak uret merupakan salah satu jenis burung yang memiliki banyak peminat di indonesia. Layaknya kebanyakan jenis burung jalak lainnya, burung jalak suren juga memiliki suara kicauan yang merdu. Sehingga banyak orang yang sengaja memelihara burung ini untuk di latih dan di nikmati kicauannya. Nah di sini saya akan membahas bagaimana tips cara beternak burung jalak suren untuk pemula yang benar.

Di Indonesia sendiri, tidak terlalu sulit untuk menemukan penjual atau kios - kios yang menjual burung jalak suren. Hal ini dikarenakan mulai banyaknya peternak burung jalak suren yang serius dalam membudidayakan burung ini. Selain itu, mereka juga menjadikan ternak jalak suren sebagai salah satu profesi utama untuk membiayai kehidupannya sehari - hari.

Beternak burung jalak suren atau burung jalak uret, bukan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Bagi mereka yang sudah ahli dalam beternak burung jalak suren, mungkin mereka tidak akan menemukan masalah yang besar. Namun, bagi kalian yang masih pemula dan ingin mencoba beternak burung ini, ada baiknya jika kalian membaca beberapa tips cara beternak burung jalak suren untuk pemula berikut ini.

http://kicaumaster89.blogspot.com/
Tips Cara Beternak Burung Jalak Suren Untuk Pemula

  • Siapkan Tempat Untuk Kandang Jalak Suren

Hal pertama yang perku kalian siapkan tentunya lahan dan tempat untuk membuat kandang burung jalak suren. Jika kalian ingin serius dalam beternak jalak suren, sebaiknya kalian membuat kandang yang sedikit lebih besar. Ukurannya sekitar 90 Cm dengan lebar 70 Cm dan tingginya 200 Cm. Namun, jika kalian hanya mencoba atau tidak di seriuskan, kalian bisa membuat kandang dengan ukuran yang lebih kecil. Selain itu, kalian juga boleh menyesuaikan ukuran kandang dengan lahan yang kalian miliki.
Untuk menghindari pondasi yang kropos, ada baiknya jika kalian membuat bagian bawah atau pondasi menggunakan batu bata atau batako. Umumnya, jika pondasi yang di buat menggunakan kayu, akan lebih cepat kropos karena suhu yang lembab serta sering terkena siraman air.
Sedangkan untuk bagian kandangnya, barulah kalian menggunakan kayu. Hal ini dikarenakan material kayu memiliki suhu yang lebih stabil dan menyerupai habitat asli dari burung jalak suren. Usahakan untuk menyimpannya di tempat yang mudah di jangkau. Sehingga mempermudah saat kalian ingin memeriksa keadaan burung nantinya.

  • Memilih Sepasang Burung Jalak Suren

Jika kalian ingin menekuni kegiatan ini benar - benar dari awal, ada baiknya jika kalian membeli sepasang anakan jalak suren yang berumur 2 - 3 bulan. Dengan begitu, jalak suren yang sudah dewasa tidak akan mengalami stress jika melihat kalian.
Namun, jika kalian ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat, kalian bisa membeli sepasang jalak suren yang sudah dewasa atau bahkan sudah pernah bertelur. Meskipun modal yang di keluarkan lebih banyak, namun semua hasilnya akan segera kalian rasakan saat jalak suren sudah mulai bertelur.

  • Merawat Telur Jalak Suren

Ada 2 cara untuk merawat telur jalak suren. Kalian bisa membiarkan indukannya sendiri yang mengerami secara alami atau kalian bisa menggunakan inkubator dan membiarkannya menetas di dalamnya. Jika kalian membiarkan sang indukan mengerami telur - telur tersebut, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya lain untuk membeli inkubator. Namun, pada saat sang indukan merasa stress, ia bisa saja merusak telur - telurnya sehingga gagal menetas.

Terapkan cara diatas untuk beternak burung jalak suren atau burung jalak uret, dengan demikian kalian akan berhasil untuk beternak burung jalak suren, selalu perhatikan kebersihan kandang dan selalu periksa tempat wadah pakannya, dalam waktu yang singkat burung jalak suren akan menjalani masa kawinnya, setelah masa kawinnya selesai, burung jalak suren akan mulai membuat sarangnya. Jangan lupa siapkan jerami - jerami kering ke dalam kandangnya.

Demikianlah tips cara beternak burung jalak suren Untuk Pemula, semoga cara di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin beternak burung jalak suren atau burung jalak uret, terimakasih telah berkunjung di blog saya, salam kicaumaster selalu.
Advertisement
Tips Cara Beternak Burung Jalak Suren Untuk Pemula | Arya martian | 5

0 Obrolan seru!:

Post a Comment