Cara Mengobati Burung Yang Terkena Tetelo

Advertisement
Mengobati Burung Yang Terkena Penyakit Teloen - Kali ini saya akan membahas dulu tentang penyakit tetelo, teloen atau penyakit Newcastle Disease. Ini adalah jenis penyakit yang menyerang  unggas seperti bebek, ayam, dan burung karena terjadinya infeksi viral yang berakibat gangguan pada saraf pernafasan, virus yang membawa penyakit ini adalah virus Paramyxo. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada unggas seperti bebek, ayam, dan burung, cara mengobati burung yang terkena tetelo ini sangat mudah di terapkan.

Ngeri juga kan, dan jangan sampai itu terjadi pada burung peliharaan kita. Biasanya penyakit ini menyerang burung jenis murai, kacer, dan cucak ijo. Namun bukan berarti burung jenis lainnya aman terhadap penyakit yang memiliki nama asing Newcastle Disease ini, biasanya penyakit ini muncul saat pergantian musim atau bisa di sebut pancaroba.

https://kicaumaster89.blogspot.com
Burung murai yang terkena tetelo

Cara Mengobati Burung Yang Terkena Tetelo

Gejala burung yang terkena tetelo.
Burung yang biasanya aktif tiba-tiba menjadi murung, leher pada burung tersebut mengalami kejang-kejang ke arah kiri terkadang sampai menghadap ke belakang itu pertanda saraf pernafasan mulai terganggu, burung mulai susah untuk nangkring dan sering jatuh kebawah, pada tahap ini burung masih akan bertahan hidup, kira-kira sampai lebih dari 3 jam, kalau tidak ada pertolongan maka burung anda akan mati.
Bagi kalian yang mengalami hal tersebut pada burung peliharaannya jangan khawatir dulu, karena di artikel kali ini saya akan membahas cara mengobati burung yang terkena tetelo.

Pengobatan.
Segera lakukan pertolongan pada burung tersebut dengan memberinya obat anti saraf, ini bertujuan agar burung mampu bertahan hidup sambil menunggu kita membuatkan resep obat mujarab.

Berikut ramuan mujarab cara mengobati burung yang terkena tetelo atau teloen.

  • Pertama daun pepaya yang masih muda ambil 4 lembar saja yang berukuran telapak tangan kita.

  • Kedua untuk cara mengobati burung yang terkena tetelo satu ini adalah daun sirih 3 lembar pilih yang daunnya masih muda.

  • Ketiga siapkan air 200 ml.

  • Keempat garam halus 1/4 sendok teh.

Meraciknya ini sangat penting untuk cara mengobati burung yang terkena tetelo atau teloen, jadikan satu semua bahan dalam panci kecuali garam, rebus hingga mendidih sampai air daun pepaya dan daun sirih menjadi 50 ml, campurkan garam yang sudah kita siapkan tadi ke dalam gelas bersama dengan racikan daun tersebut, tunggu sampai racikan itu hangat kuku.

Setelah itu racikan jamu mujarab siap di minumkan ke burung yang terkena tetelo tersebut.
Cara meminumkan racikan ini jangan langsung lewat paruh depan karena yang saya takutkan burung akan tersedak, jadi cara yang aman kita minumkan di samping paruh saja yang penting racikannya dapat masuk kedalam perut burung. Lakukan cara ini setiap 15 menit sekali sampai burung bisa nangkring lagi di dalam sangkarnya. Buktikan ramuan mujarab ini dan lihat hasilnya .

Itu tadi cara mengobati burung yang terkena tetelo, semoga dengan cara ini burung yang terkena tetelo dapat kembali sehat lagi, silahkan komen dibawah dengan hasil dari ramuan tersebut.
Terimakasih telah berkunjung di blog saya, salam kicaumaster.
 


Advertisement
Cara Mengobati Burung Yang Terkena Tetelo | Arya martian | 5

0 Obrolan seru!:

Post a Comment